You are here

Bupati Labuhanbatu Buka Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan

 

R.PRAPAT, MANDIRI:Bupati Labuhanbatu dr H Tigor Panusunan Siregar, SpPD, Selasa (30/10) telah membuka Sosialisasi Penyuluhan Kearsipan Tahun 2012 se-Kabupaten Labuhanbatu yang digelar di Wisma Putri Deli Rantauprapat yang diselenggarakan oleh Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Labuhanbatu.
          Dalam arahannya Bupati mengatakan, Arsip adalah merupakan bukti otentik dan informasi suatu pelaksanaan kegiatan kedinasan dan memiliki nilai pertanggungjawaban, berdasarkan hal itu maka setiap SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu diingatkan kembali untuk benar-benar membenahi kearsipannya masing-masing.
          Lebih lanjut Bupati mengatakan, kita juga harus menyadari bahwa arsip dapat memberikan informasi akurat bagi pembuat keputusanbahkan dapat memberikan dukungan yang kuat pada proses Ligitasi (Sengketa Hukum) bahkan dapat menjamin kepastian identitas dan bukti sejarah serta memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap informasi, jelasnya.
          Sementara Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Labuhanbatu M. Idris Lubis dalam sambutannya menjelaskan, bahw arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, organisasi politik, organisasi masyarakat dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
          Idris Lubis juga menjelaskan tentang Arsiparis, katanya, Arsiparis adalah seseorang yang memiliki kompetensi dibidang kearsipan yang diperoleh dari pendidikan formal dan atau pendidikan dan latihan kearsipan serta mempunyai fungsi, tugas dan tanggung jawab melaksanakan kegiatan kearsipan.
          “Dari hasil penelitian kami hanya ada 3 orang PNS yang berkompetensi arsiparis di Labuhanbatu yaitu Zubaidah, Maria dan Asnita, sedangkan di Kantor Arsip sendiri belum ada arsiparis hanya 3 orang PNS Pengelola Arsip yaitu 2 orang staf dan 1 orang Kasi, bahkan pada bulan Juli yang lalu 1 orang staf telah kita diklatkan ke Bogor”, kata Idris Lubis.
          Kepada Peserta, Idris Lubis mengatakan bahwa kedepan bukan hanya arsip konvensional yang akan kita kelola, tapi arsip digital juga sudah kita rencanakan, untuk itu para peserta harus benar-benar dan bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan ini dengan baik dan benar.
          Ny. Ribut selaku Ketua Penyelenggara kegiatan sosialisasi ini dalam laporannya menjelaskan bahwa, tujuan kegiatan ini adalah untuk mensosialisasikan undang-undang kearsipan sekaligus untuk meningkatkan dalam penataan dan pengelolaan arsip sesuai dengan peraturan yang berlaku.
          Ribut juga menambahkan, kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang peserta yang berasal dari para pejabat dan staf yang membidangi pengelolaan kearsipan SKPD di lingkungan instansi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu dengan nara sumber dari Badan Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi Provinsi Sumatera Utara serta Kepala Kantor Arsip, Perpustakaan dan Dokumentasi Kabupaten Labuhanbatu yang berlangsung selama 2 hari.(yus).
 
Rubrik: 

Add new comment