You are here

Wakil Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman

Manfaatkan Lahan Pekarangan Rumah Menjadi Sumber Pangan

 

TELUK MENGKUDU, MANDIRI

Akibat berkurangnya areal lahan pangan yang berimplikasi dengan menurunnya hasil produksi pangan, maka untuk itu perlu dilakukan upaya dalam mengatasi terjadinya krisis pangan tersebut
sekaligus mewujudkan ketahanan pangan yang berkesinambungan. Salah satunya dimulai dari unit terkecil pada rumah tangga yakni dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah dengan tanaman pangan, sehingga ketahanan pangan akan tercapai dan berkontribusi terhadap perwujudan kemandirian masyarakat.
Demikian disampaikan Wakil Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman pada acara Seminar dan Dialog Publik Memperingati Hari Pangan Sedunia dengan tema “Mengelola potensi sumber daya lingkungan disekitar rumah untuk ketahanan pangan” yang dilaksanakan di gedung balai umum Desa Pasar Baru Dusun I Kecamatan Teluk Mengkudu, Kamis (22/11).
Seminar dan dialog ini turut dihadiri anggota DPRD Sergai, para Kepala SKPD, Dr. Ir. Erika Pardede, M.AP sebagai narasumber dari Fakultas Pertanian Univ HKBP Nomensen, Camat Teluk Mengkudu, Ketua Serikat Perempuan Petani Nusantara (SPPN) Sergai, Ketua Himpunan Serikat Perempuan Indonesia (HAPSARI) Sergai serta ratusan kader perempuan dari LSM  HAPSARI, SPPN dan Serikat Perempuan Indonesia (SPI) se-Sergai.
Lebih lanjut Soekirman mengatakan dengan memanfaatkan lahan pekarangan, masyarakat dapat mencukupi kebutuhan pangan sehari-harinya dari tanaman yang mereka tanam sendiri dan tidak hanya berperan sebagai konsumen saja seperti selama ini. Di pekarangan dapat ditanami tanaman yang tidak membutuhkan tempat luas seperti sayur-sayuran, cabe, dan beberapa tanaman yang merupakan kebutuhan sehari-hari tetapi non beras.

Wabup Soekirman menambahkan masalah bahan pangan merupakan hal penting dan mendasar bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan kondisi terpenuhinya pangan bagi setiap rumah tangga yang mencukupi, baik jumlah maupun mutu yang telah mencakup unsur aman, merata, dan terjangkau, dengan demikian masyarakat Indonesia umumnya dan Sergai khususnya yang mandiri dalam memenuhi kebutuhan pangannya sehari-hari.
Mengakhiri sambutannya Wabup Soekirman menghimbau kepada masyarakat agar mampu memanfaatkan potensi pekarangan dengan lebih kreatif dan inovatif yang ada, meskipun dengan luas lahan pekarangan yang kecil. [jo]

 

Rubrik: 

Add new comment