You are here

Kementerian Sosial RI Lakukan Penyuluhan Sosial di Kabupaten Pakpak Bharat

Pakpak Bharat, Mandiri.

           Pihak Kementerian Sosial (Kemensos) RI mengunjungi Kabupaten Pakpak Bharat dalam rangka kegiatan penyuluhan sosial dari kementerian tersebut yang dipusatkan di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Kamis (18/7/2013).

Temu kelompok sosial masyarakat tersebut dihadiri 30 peserta, yang terdiri dari Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK) setempat, Taruna Siaga Bencana (TAGANA), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Masyarakat (Ormas) setempat, dan Karang Taruna.

Kepala Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos RI, Dra Tati Nugrahati MSi, melalui Kepala Bidang Pelaksana dan Kerjasama Penyuluhan Sosial Nurhayu, menjelaskan bahwa kegiatan dimaksud dilaksanakan selama dua hari. Diharapkan kepada para peserta yang telah mengikuti program ini dapat menjadi ujung tombak di tengah-tengah masyarakat dalam hal penyampaian informasi program-program pemerintah yang pro rakyat.

Tujuan dari kegiatan itu, Nurhayu lebih jauh menjelaskan yakni memberikan informasi dan pengetahuan kepada mayarakat, tokoh masyarakat dan stake holder lainnya agar mengenal program-program Kemensos RI, menggali potensi dan sumber kesejahteraan sosial yang ada dalam masyarakat, memberikan motivasi dan edukasi kepada masyarakat agar dapat meningkatkan kepedulian sosial atas permasalahan permasalahan sosial yang ada di daerahnya dan terjadi perubahan perilaku dan menumbuhkan dan memelihara partisipasi aktif masyarakat dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

“Dengan diadakannya kegiatan ini, kiranya dapat mendorong percepatan kesejahteraan sosial di desa ini khususnya, Kabupaten Pakpak Bharat pada umumnya. Kita selalu memonitoring dan berikan pembinaan secara berkesinambungan pada desa ini sejak 2011 lalu. Desa Kaban Tengah merupakan desa sampel pada daerah ini yang nantinya menjadi desa percontohan”, jelas Nurhayu.

Salah seorang peserta dari Tenaga Kerja Sosial Kecamatan (TKSK), Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Doni Berutu saat dikonfirmasi wartawan, Kamis (18/7) mengapresiasi kegiatan tersebut temu kelompok sosial masyarakat tersebut. “Sejak saya menjadi TKSK, pihak Kemensos RI sudah dua kali melaksanakan kegiatan yang sama di daerah ini,” ungkap Doni.

Diakuinya, kegiatan itu mampu menambah pengetahuan kami khususnya para peserta. Selain memberikan informasi kepada masyarakat terkait program-program pemerintah yang pro rakyat, kami juga dibekali untuk mendata masyarakat yang dijadikan untuk bahan pertimbangan untuk penerima bantuan-bantuan dari pihak pemerintah. (db)

Keterangan Foto :

Diabadikan: Kepala Pusat Penyuluhan Sosial Kemensos RI, Dra Tati Nugrahati Msi (posisi tengah, tiga dari kiri), saat diabadikan dengan para kelompok sosial masyarakat, di Desa Kaban Tengah, Kecamatan STTU Jehe, Kabupaten Pakpak Bharat, Provinsi Sumatera Utara, Kamis (18/7/2013). (Foto: db)

Rubrik: 

Add new comment