You are here

Perlombaan Pacuan Kuda dan Motorcross Warnai Peringat HUT RI di Siborongborong

 

SIBORONGBORONG, MANDIRI

Lapangan pacuan kuda Siborongborong 16-17 Agustus 2013 begitu ramai dikunjungi oleh penonton. Perlombaan pacuan kuda dan motorcross merupakan kegiatan yang sudah lama ditekuni bahkan dapat disebut kegiatan tersebut telah tradisional bagi masyarakat tanah batak khususnya yang ada di wilayah Tapanuli dalam merayakan HUT RI tiap Tahunnya,hal tersebut dikatakan Ketua Panitia Perlombaan Motorcross dan Kuda Berpacu Hulman Nababan kepada Wartawan Sabtu (17/8) di Pacuan Kuda Siborongborong. 
Seiring dengan perkembangan jaman, beberapa perlombaan selalu dilakoni,antara lain perlombanan Motorcross dan Kuda berpacu. Mengingat Wilayah Tapanuli Utara Kecamatan Siborongborong merupakan satu-satunya daerah di Tapanuli yang memiliki lokasi Kuda Berpacu,yakni disebut Pacuan Kuda Siborongborong  .

Akan tetapi dalam kedua kegiatan itu, paling dominan yang di sukai oleh para penonton adalah motorcross dibanding dengan Kuda Berpacu,dimana para penonton yang banyak memadati yakni adalah kawula Muda,sementara Kuda Berpacu banyaknya di minati oleh para Orang tua.teanag Hulman Nababan yang juga sebagai Caleg DPRD Taput Dari Partai PDIP Daerah Pemilihan III.

 Pantauan Wartawan, dalam perlombaan pada HUT RI yang di gelar di Pacuan kuda Siborongborong, peserta pacuan kuda  diikuti kuda dari Kabupaten Tapanuli Utara, Kabupaten Karo, Kabupaten Deliserdang, NAD dan Sumatera Barat.

"Sedangkan untuk peserta Super Grasstrack, diikuti tracker-tracker dari Kabupaten Tapanuli Utara, Toba Samosir dan Humbang Hasundutan, dan pembalap-pembalap Sumut," katanya.

Kelas yang akan dilombakan pada pacuan kuda atau Huda Masiadu adalah, kelas A-B Terbuka  jarak 1800 meter, kelas C-D terbuka dengan jarak 1600 meter, kelas tradisional divisi I jarak 1200 meter, kelas tradisional divisi II jarak 1200 meter dan kelas tradisional divisi III jarak 1000 meter di hari pertama.

Pada kelas A-B terbuka jarak 1800 meter, kelas C-D terbuka jarak 1600 meter, kelas kelompok umur 3 tahun terbuka jarak 1400 meter, kelas tradisional Divisi I jarak 1200 meter, kelas tradisional Divisi II jarak 1200 meter, kelas tradisional Divisi III jarak 1000 meter, kelas pemula perdana tradisional jarak 1000 meter dan kelas pemula perdana jarak 800 meter.

Sementara, pada motorcross dan Grasstrack, kelas yang dilombakan adalah kelas S.E 150 cc s/d 250 cc, kelas Grasstrack Campuran Open, kelas Bebek Campuran Open, kelas Grasstrack Campuran Junior, kelas Bebek Campuran Junior, kelas Grasstrack Campuran Pemula, kelas Bebek Standar Campuran Standar Pemula dan kelas OMR Kawasaki Standar KLX 150 cc,Selain itu, dilombakan juga kelas Grasstrack Campuran dan kelas Bebek Campuran untuk lokal-Siborongborong.

Sejumlah Calon Bupati /Wakil Bupati Tapanuli Utara hadir dalam Perlombaan Motorcross dan Kuda Berpacu,antara lain Drs Nikson Nababan/ Drs Mauliate Simorangkir MSi, Bangkit Silaban SE yang juga sebagai Wakil Bupati Tapanuli Utara aktif. [frh]

Foto Lomba

Ketua panitia kegiatan perlombaan motorcross dan pacuan kuda Hulman Nababan yang juga Caleg DPRD Taput Dari Partai PDIP Daerah Pemilihan III, foto bersama usai menyerahkan piala kepada pemenang perlombaan motorcros. Foto Mandiri/ Freddy Hutasoit

Rubrik: 

Add new comment